Manfaat Jeruk Sitrus bagi Usia di Atas 50

Artikel terkait : Manfaat Jeruk Sitrus bagi Usia di Atas 50

JERUK sitrus tidak hanya memiliki rasa enak, juga menyehatkan. Manfaatnya tidak terbatas untuk usia tertentu, bahkan mereka yang di atas 50 tahun.

Jeruk sitrus dikenal memiliki vitamin yang tinggi. Di samping itu, mineral dan serat alaminya mampu meningkatkan kekebalan tubuh dan menambah energi. Sitrus juga mengandung phytochemicals yang berperan dalam pengelolaan penyakit kronis, dalam kaitannya dengan proses penuaan.

Berikut beberapa manfaat sitrus, khususnya untuk mereka yang berusia di atas 50, seperti dilansir Boldsky.

Mengontrol berat badan

Jika Anda diminta untuk menjalani program diet, jeruk sitrus menjadi pilihan buah yang tepat. Pasalnya, buah tersebut sangat rendah kalori dan tinggi serat, khususnya pectin. Kandungan tersebut akan membantu memerlambat penyerapan dan mencerna perut sehingga Anda tidak cepat lapar.

Meningkatkan kekebalan

Vitamin C dalam jeruk sitrus adalah yang paling efektif untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini tentu saja bisa mencegah penyakit umum, seperti flu. Vitamin C juga menjadi antioksidan serta membantu menyerap kalsium. Karenanya, konsumsi jeruk sitrus sangat dianjurkan untuk mereka yang berusia di atas 50.

Mengatasi penyakit kronis

Buah sitrus terdiri dari phytochemicals yang disebut flavonoids untuk mengatasi penyakit kronis. Misalnya, jantung, diabetes, dan kanker. Selain itu, senyawa hesperidin dalam flavonoid mampu mencegah tekanan darah, kolesterol, dan tumor. (Baca: Kiwi Efektif Tingkatkan Mood Pria)

Produksi sel baru

Konsumsi sitrus sangat baik bagi orang berusia di atas 50. Sitrus mengandung asam folat yang penting untuk pertumbuhan sel baru, termasuk memetabolisme protein, DNA dan produksi sel darah merah. Selain itu, asam folat sangat penting untuk menjaga Anda tetap muda dan aktif meski sudah di atas 50.

Mengurangi risiko sakit jantung

Kandungan kalium di dalam sitrus terbukti efektif jeruk sitrus dalam mencegah tekanan darah tinggi, jantung, dan stroke. Kalium sendiri sangat penting untuk menjaga keseimbangan cairan dan elektrolit tubuh agar fungsi jantung, otot, saraf, dan ginjal berlangsung maksimal. Karenanya, hal ini menjadi salah satu alasan penting untuk tetap mengonsumsi sitrus setelah usia 50. (fik)


View the original article here

Artikel Sehat Bersama mama pacika Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2015 Sehat Bersama mama pacika | Design by Bamz