Bolehkah Kaki Langsung Ditekuk Usai Lari?

Artikel terkait : Bolehkah Kaki Langsung Ditekuk Usai Lari?

BAGI sejumlah orang, menekuk kaki setelah berlari pantang dilakukan. Mereka menganggap kebiasaan tersebut bisa menghambat peredaran darah pada sehingga menyebabkan varises.
Namun, menurut dr Hario Tilarso, spesialis kesehatan olahraga dari RS Premiere Bintaro, menekuk kaki setelah berlari sebenarnya tidak masalah. Terpenting, pelari lebih dulu melakukan pendinginan.

"Stretching usai berlari itu sangat perlu. Otot di seluruh tubuh sudah capek biasanya, stretching ini berfungsi membuang sisa pembakaran," katanya di Jakarta, baru-baru ini. (Baca: Gula Darah Terkendali saat Lebaran, Patuhi Prinsip ''3J'')

Selain itu, cairan tubuh selama berlari juga tidak kalah untuk dicukupi. Menurut dr Hario, bugar atau tidaknya seseorang ditopang dari seberapa hidrasi saat berlari. (Baca: Cara Mencegah Mr P Berbau Tak Sedap)

"Kalau orang sudah biasa berlari, minumnya harus lebih banyak karena metabolisme tubuhnya memudahkannya mengeluarkan keringat. Minuman ini sendiri bisa dari air mineral sampai isotonik atau elektrolit, boleh-boleh saja. Sementara, orang yang belum terbiasa, minumnya tidak sebanyak orang yang sering berlari," simpulnya. (Baca: Manfaat Sehat Seks Secara Fisik & Emosional)
(fik)


View the original article here

Artikel Sehat Bersama mama pacika Lainnya :

0 komentar:

Poskan Komentar

Copyright © 2015 Sehat Bersama mama pacika | Design by Bamz